https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
Peningkatan Keterampilan Menulis Wacana Narasi dalam Bentuk Cerkak Melalui Media Lagu Caping Gunung pada Siswa Kelas X BP SMK Negeri 1 Wadaslintang Tahun Pelajaran 2015/2016 | Dian Efitawati | ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Peningkatan Keterampilan Menulis Wacana Narasi dalam Bentuk Cerkak Melalui Media Lagu Caping Gunung pada Siswa Kelas X BP SMK Negeri 1 Wadaslintang Tahun Pelajaran 2015/2016

Ika Dian Efitawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) langkah-langkah pembelajaran menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak melalui media lagu Caping Gunung pada siswa kelas X Bp SMK Negeri 1 Wadaslintang; 2) pengaruh media lagu Caping Gunung terhadap aktivitas belajar siswa kelas X BP SMK Negeri 1 Wadaslintang dalam pembelajaran menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak; 3) peningkatan keterampilan menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak melalui media lagu Caping Gunung. Objek penelitian adalah keterampilan siswa dalam menulis wacana narasi dala bentuk cerkak. Penelitian ini terdiri dari tiga kali kagiatan, yaitu kegiatan prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus mengacu pada prosedur penelitian yaitu rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes, teknik tes dilakukan untuk mengetahui data keterampilan menulis narasi dalam bentuk cerkak siswa, sedangakan teknik nontes dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku siswa. Teknik nontes yang digunakan antara lain dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara dan pengisian daftar cocok atau checklist. Nilai keterampilan menulis cerkak mengalami peningkatan setiap siklusnya. Rata-rata nilai keterampilan menulis cerkak pada prasiklus sebesar 63,2, rata-rata siklus I 71,8, dan rata-rata siklus II sebesar 76,8. Pada kategori ketuntasan nilai pada kegiatan prasiklus mencapai 27,27%, mengalami peningkatan ketuntasan menjadi 45,45% pada siklus I, keterampilan menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak melalui media lagu Caping Gunung pada siklus II kembali meningkat menjadi 77,2%. Hal tersebut menunjukkan bahwa melalui media lagu Caping Gunung dapat meningkatkan kemampuan siswa dan hasil belajar menulis wacana narasi dalam bentuk cerkak.

 

Kata kunci: menulis wacana narasi, cerkak, media lagu Caping Gunung

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.